25 Januari 2008

My Swing Check

Sudah lama rasanya nggak mengecek sendiri gerakan swingku, kupikir sudah cukup baik. Ternyata setelah kufilmkan sendiri... oh my god, banyak sekali kesalahan sampai aku sendiri agak ngeri dibuatnya. Ternyata selama ini aku sudah membuat kesalahan swing yang sangat mendasar, untungnya aku masih bisa menang sesekali. Seperti hidup ini, kadang kita perlu introspeksi diri, karena apa yang selama ini nyaman untuk kita lakukan setelah kita tinjau secara netral dan obyektif, mungkin sudah melenceng dari jalur yang benar. Dalam hal ini aku memfilmkan sendiri gerakan swing yang kulakukan, dan kemudian kubandingkan dengan gerakan seorang pemain pro yang diakui memiliki swing terbaik dan terindah di dunia yaitu Ernie Els.
Dari perbandingan ini aku menyimpulkan beberapa kesalahan yang kulakukan.
1. Takeaway yang kulakukan kurang lebar dan terlalu dini menekuk pergelangan tangan.
2. Ketika menuju puncak backswing kaki kiri menekuk terlalu ke depan sehingga badan dan kepala condong ke bawah dan ke arah kiri (di depan bola), bahu tidak berputar lateral tetapi bahu kanan terangkat.
3. Di puncak backswing pergelangan tangan kiri menekuk (tidak rata), clubheab tidak mengarah ke bawah, siku tangan kanan tidak mengarah ke bawah tapi ke belakang.
4. Saat downswing tidak ada masa transisi gerakan lateral pinggang dan lutut, terlalu cepat merilis tekukan pergelangan tangan, kepala berada di depan bola, terlalu banyak goyangan badan.
5. Impact, kepala berada di depan bola.
6. Followthrough, kurang jauh melempar tangan, posisi lengan kanan belum berada di atas lengan kiri, badan terlalu melengkung.
7. Finish tidak stabil dan kurang mantap.
Berangkat dari kesalahan-kesalahan ini, nampaknya aku harus melakukan General Overhaul atas gerakan swingku. Jika seorang pemain Tur Profesional saja memerlukan waktu satu tahun untuk benar-benar melatih dan memantapkan satu teknik baru, bisakah aku yang seorang pemain golf amatiran ini untuk memperbaiki sekian banyak kesalahan swing dalam sebulan...?

Tidak ada komentar: